Makanan Yang Menyehatkan Jantung Anda



Makanan Yang Menyehatkan Jantung Anda

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang ada didalam tubuh manusia yang mempunyai peranan vital terhadap kesehatan tubuh. Sama halnya dengan organ tubuh yang lainnya, jantung juga harus dijaga karena ia juga rentan terhadap berabagai gangguan penyakit. Pola makan yang tidak sehat merupakan salah satu dari sekian banyak faktor yang dapat memengeruhi kesehatan jantung.

Dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan juga sehat, hal itu setidaknya dapat memperkecil risiko seseorang untuk mengalami gangguan kesehatan jantung. Tahukah Anda apa saja jenis makanan tersebut? Berikut ini telah kami rangkum untuk Anda mengenai 7 makanan yang dapat menyehatkan jantung Anda.

 1. Ikan salmon
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa didalam ikan salmon terdapat kandungan asam lemak omega 3 yang mana hal tersebut dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

2. Bayam
Jenis sayuran berdaun hijau ini mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi, vitamin C, vitamin A, dan juga magenesium. Semua kandungan nutrisi tersebut mempunyai pengaruh yang kuat agar jantung Anda tetap sehat. Cari tahu yuk, manfaat bayam yang lainnya di 9 manfaat bayam terhadap kesehatan

3. Kacang kenari
Kacang kenari rupanya kaya akan kandungan asam lemak omega 3, vitamin E, serat, dan folat. Makan kacang kenari secara teratur mampu melindungi kesehatan jantung Anda serta memberikan nutrisi yang cukup baik terhadap jantung Anda.

4. Blueberry
Zat antioksidan serta kandungan vitamin C didalam blueberry cukup tinggi sehingga blueberry dapat menjadi makanan super menyehatkan untuk jantung Anda. Selain itu, kandungan nutrisi yang lainnya juga dapat meringankan kram jantung sarta baik untuk sistem pencernaan Anda.



5. Oatmeal
Oatmeal adalah salah satu makanan lezat yang banyak mengandung asam lemak omega 3, folat, dan juga potasium. Selain mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan jantung Anda, makan oatmeal juga dapat mengurangi kadar kolesterol serta menjaga arteri supaya tetap sehat.

6. Kacang-kacangan

Hampir semua jenis kacang-kacangan terutama kacang merah dapat menjadi sumber makanan yang sehat untuk jantung Anda. Hal ini dikarenakan kacang merah kaya akan vitamin B, zat besi, dan kalsium yang mampu menghilangkan tekanan di jantung.

7. Asparagus
Asparagus termasuk kedalam jenis sayur-sayuran yang bentuknya tipis dan kaya akan zat anti-inflamasi seperti vitamin C dan vitamin D yang baik untuk organ jantung Anda. Untuk lebih jelasnya tentang makanan yang satu ini, Anda bisa membacanya artikelnya secara lengkap di manfaat asparagus untuk kesehatan

Nah, itulah 7 makanan sehat untuk jantung Anda. Daripada dikemudian hari menderita penyakit jantung, lebih baik konsumsi saja makanan menyehatkan ini. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati makanan sehatnya ya!

Tips Menjaga Kesehatan Jantung


Jantung merupakan organ pokok yang memegang kendali peredaran darah didalam tubuh. Jika jantung mengalami masalah, tentunya tubuh akan mengalami masalah pula. Bahkan, banyak orang yang meninggal akibat gangguan yang dialaminya pada organ jantung. Biasanya, penyakit jantung kerap menghampiri manusia yang mengabaikan kesehehatan jantungnya.

Sebelum anda benar – benar terserang gangguan pada organ jantung, disini saya akan berbagi kepada anda mengenai tips untuk menjaga kesehatan jantung.
Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan dapat mengancam nyawa. Karena itu menjaga kesehatan organ jantung anda sangatlah penting. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat jantung agar tetap sehat.

Rajin Berolahraga

Cara pertama yang harus anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan rajin berolahraga. Selain membuat badan menjadi bugar, olahraga ternyata juga mampu menjaga kesehatan jantung. Olahraga yang ampuh untuk menjaga kesehatan jantung adalah olahraga yang ringan seperti lari kecil, jalan – jalan, bersepeda, jalan cepat dan lain – lain. Lakukan aktivitas olahraga ini setiap hari. Jika sudah rutin menjalankannya, tak hanya jantung yang akan sehat, organ inti seperti paru – paru juga akan menjadi semakin sehat.

Jauhi Rokok

Rokok memang menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan. Selain tidak bagus untuk kesehatan paru-paru, merokok juga tidak baik untuk kesehatan jantung. Kandungan zat – zat beracunnya sedikit demi sedikit akan merusak organ – organ penting dalam tubuh seperti jantung dan paru – paru. Meski efeknya tidak secara langsung, namun rokok memang sudah terbukti menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Daripada uang anda gunakan untuk membeli rokok yang kemudian akan memberi dampak buruk bagi tubuh, sebaiknya anda gunakan untuk membeli buah – buahan saja. buah seperti buah delima, jeruk dan apel merupakan buah yang kaya antioksidan. Kandungan itulah yang mampu menjaga kesehatan jantung manusia.

Hindari Makanan Berlemak

Cara ketiga untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan cara menghindari makanan yang banyak mengandung lemak. Lemak jahat yang banyak dikandung oleh makanan berminyak akan menyumbat pembuluh darah yang digunakan sebagai akses utama darah untuk menuju jantung. Selain itu, lemak juga akan membuat kadar kolesterol seseorang menjadi meningkat. Tentu kedua hal tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia. Karena itulah, hindarilah makanan yang mengandung banyak lemak jahat seperti bebek goreng, gorengan dan makanan – makanan lain yang mengandung banyak minyak.

Menjaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan memang akan menimbulkan banyak penyakit. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh obesitas adalah penyakit jantung. Tumpukan lemak yang berlebihan di seluruh tubuh membuat jantung tidak dapat bekerja secara maksimal. Hal ini kemudian akan terjadi terus menerus hingga orang tersebut menyadari bahwa ia memiliki penyakit jantung yang sudah mulai memasuki tahap bahaya.

Konsumsi Air Putih

Untuk menjaga agar jantung tetap sehat, anda juga dapat melakukannya dengan mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya. jika biasanya anda meminum air putih sebanyak 8 gelas, maka mulai sekarang biasakan minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Lakukan kebiasaan tersebut settiap hari agar anda dapat merasa selalu sehat dan segar.

Perbanyak Senyum

Langkah selanjutnya untuk menjaga agar jantung tetap sehat adalah dengan cara memperbanyak senyum. Dengan tersenyum, pembuluh darah dalam tubuh akan membuka lebih lebar lagi. Hal ini kemudian memungkinkan darah untuk bebas mengalir ke jantung tanpa suatu hambatan tertentu.

Demikianlah beberapa tips yang perlu anda coba untuk menjaga kesehatan jantung. Ingatlah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itulah jagalah kesehatan jantung anda sebelum penyakit jantung benar – benar menyerang anda.