Penyakit Ambeien (Wasir)




Penyakit ambeien adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah yang terdapat di bagian bawah poros usus, baik di sebelah dalam maupun di sebelah luar lubang dubur. Bentuk dari penyakit ambeien ini sekilas mirip dengan bisul yang berwarna merah kebiruan. Penyakit ambeien ini dipicu oleh kurangnya konsumsi serat pada makanan kita. Selain itu, ambeien ini juga bisa disebabkan oleh kebiasaan duduk yang terlalu lama sehingga aliran darah di bagian dubur tertekan dan menyebabkan penebalan jaringan mati di sekitar dubur.

Gejala Penyakit Ambeien:

 * Timbul rasa anas atau gatal di poros usus bagian bawah (dubur)
 * Muncul tonjolan / benjolan di sekeliling liang dubur
 * Sulit buang air besar
 * Merasakan sakit yang luar biasa saat buang air besar
 * Kadang terjadi pendarahan saat buang air besar

Cara Mencegah Penyakit Ambeien:
Penderita penyakit ambeien dilarang mengkonsumsi makanan dengan citarasa pedas, menjauhi minuman yang mengandung alkohol, serta pantang menyantap makanan yang mengandung banyak lemak. Lemak bisa mengakibatkan bagian - bagian dinding usus mengendor. Bagi penderita penyakit ambeien juga sangat disarankan untuk menghindari pekerjaan yang memicu lelah dan mengangkat barang berat. Menyantap buah -buahan serta sayuran segar sangat disarankan. Selain itu, melakukan olah raga ringan secara teratur juga disinyalir bisa mempercepat proses penyembuhan.

Cara Mengobati Penyakit Ambeien:
Penyakit ambeien bisa diobati dengan cara pemberian obat - obatan, dilakukan suntikan sklerosing agen, tindakan ligasi dan eksisi (hemoroidektomi), pengobatan dengan band, cryosurgery menggunakan liquid nitrogen, Lord's procedure, serta pembuangan clot.
Selain itu, bisa juga menggunakan cara pemberian obat secara sistemik, seperti konstipasi untuk melunakkan tinja, mengkonsumsi zat besi untuk pasien dengan kadar Hb yang rendah, serta obat - obatan yang dapat meningkatkan tonus pembuluh darah sehingga bisa mengurangi pendarahan




0 komentar:

Posting Komentar