Demam Anak 5 Hari Lebih, Waspada Pneumonia




Pneumonia atau radang paru ternyata banyak menyerang anak-anak. Para orangtua harus waspada terhadap gejala yang muncul, karena penyakit ini dapat menimbulkan kematian.

Penyakit radang paru ini disebabkan oleh dua hal, virus atau bakteri. Keduanya sama-sama mematikan. Para orangtua harus lebih peka terhadap gejala dari pneumonia pada anak. “Pneumonia ini berupa infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan bawah, para orangtua harus memperhatikan gejalanya. Apabila anak mengalami batuk, pilek dan demam lebih dari 5 hari dan disertai dengan sesak, segera bawa ke dokter,” ungkap dr. Elina Waiman, SpA, spesialis anak dalam wawancara eksklusif dengan Okezone, di Rumah Sakit Awal Bros, Tangerang.

dr. Elina juga menambahkan, Anda bisa mengenali gejala sesak yang terjadi pada anak. “Jika anak di bawah dua bulan, pernafasan normalnya di bawah 60 kali permenit, anak dua bulan hingga satu tahun pernafasan normalnya di bawah 50 kali per menit, dan anak berusia satu hingga lima tahun pernafasan normalnya 40 kali per menit.”

Nafas sesak tersebut akan mengakibatkan anak mengalami nafas cepat. Ini dikarenakan tubuh kekurangan oksigen akibat saluran pernafasan yang meradang. “Nafas cepat bisa berupa nafas cuping hidung, yaitu hidung anak jadi kembang kempis, dan munculnya cekungan pada tulang dada atas atau bawah iga,” tutup dr. Elina.

sumber: health.okezone.com



0 komentar:

Posting Komentar